Ada satu struktur dasar yang hampir selalu digunakan oleh komika di seluruh dunia, yaitu: set-up dan punchline. Ini adalah fondasi utama dari sumber kelucuan. Set-up berfungsi sebagai pengantar, semacam jebakan logika yang disiapkan agar penonton mengikuti alur berpikir komika. Punchline adalah “twist”-nya, bagian yang mengejutkan, memutarbalikkan ekspektasi, dan kalau berhasil, otomatis akan membuat penonton tertawa.
Tapi kalau kamu pikir cukup dengan punya struktur set-up dan punchline saja bisa bikin lucu, kamu salah besar. Karena di antara set-up dan punchline itu ada satu elemen yang menentukan apakah jokesmu akan pecah atau anyep tanpa tawa, yaitu: pemilihan kata (diksi).
Kenapa Pemilihan Kata (Diksi) Itu Penting?
Lelucon, pada dasarnya, adalah permainan dengan ekspektasi. Dan ekspektasi dibangun lewat bahasa. Kata-kata yang kamu pilih di dalam set-up akan menentukan bagaimana penonton memproses informasi dan ke mana arah pikiran mereka dibawa. Lalu, di punchline, kata-kata itu juga yang akan menentukan seberapa mengejutkan atau lucunya pemutarbalikan yang kamu sajikan.
Misalnya, jika kamu terlalu banyak bicara dalam set-up, penonton bisa bosan sebelum sampai punchline. Tapi kalau kamu terlalu singkat dan tidak memberi cukup konteks, punchline-nya bisa jadi tidak masuk akal. Dan yang paling krusial: pilihan kata bisa menentukan ritme, nada, bahkan bunyi komedi.
Contoh Perbandingan Pilihan Kata
Mari kita lihat dua versi lelucon yang memiliki struktur set-up dan punchline yang sama secara logika, tapi berbeda hasil karena pemilihan kata.
Versi 1 (kurang efektif):
Set-up: “Saya baru saja pergi ke dokter karena merasa tidak enak badan.” Punchline: “Ternyata saya cuma kurang diperhatikan.”
Lucu? Mungkin. Tapi terasa agak datar. Alasannya? Kata-kata di set-up terlalu umum dan lurus. Tidak ada warna atau nada personal.
Versi 2 (lebih tajam):
Set-up: “Tadi pagi saya ke puskesmas, badan saya loyo, kepala ngambang, hati hampa.” Punchline: “Dokternya bilang saya bukan sakit… saya cuma kangen dipeluk.”
Kata-kata seperti "loyo", "ngambang", dan "hati hampa" memberi warna yang lebih komikal, lebih emosional, dan sekaligus membangun ekspektasi yang bisa dibalik dengan punchline yang absurd tapi relate. Punchline-nya juga terasa lebih hangat dan menyentuh, tapi tetap lucu.
Tips Memilih Kata dalam Materi Stand-Up
Kata-kata seperti “gemetar kayak cicak disemprot baygon” lebih lucu dan hidup daripada sekadar “aku takut banget.”. Orang lebih mudah tertawa kalau mereka bisa membayangkan sesuatu yang absurd atau relatable. Kalimat yang visual dan melibatkan pancaindra, seperti suara, rasa, atau gerakan aneh yang bisa bikin imajinasi penonton jadi liar, dan itulah yang sering bikin lucu. Contoh tadi membuat penonton ada gambaran yang jelas dan lucu, bukan cuma pernyataan polos.
Dalam komedi, kadang lucu itu datang dari ritme. Misalnya: “Saya jomblo, bukan karena nggak laku. Tapi karena… nggak ada yang mau.” Jeda dan pengulangan kata bisa memperkuat efek tawa. Jeda itu penting. Jangan buru-buru ngasih punchline, biarin penonton nebak dulu, baru disikat. Pola kalimat yang dibangun pelan-pelan, lalu diselesaikan dengan kejutan (atau pengulangan yang absurd) bisa bikin tawa meledak. Ibarat musik, punchline itu semacam drop-nya. Penonton sudah ikut goyang kepala, lalu tiba-tiba kamu kasih hentakan, nah, itu yang bikin mereka ngakak.
Kata-kata pengisi seperti “jadi gini…”, “menurut saya pribadi…”, “mungkin ya…” seringkali bikin lelucon kehilangan tenaga. Langsung ke inti bisa jauh lebih tajam. Kalau dalam satu kalimat ada tiga kata yang nggak penting, potong aja. Misalnya: “Menurut saya pribadi, dia itu orangnya lumayan pelit, sih…” itu terlalu muter-muter. Langsung aja bilang, “Dia pelit. Dompetnya aja sampe kaku, nggak pernah dibuka.” Kata-kata pengisi bikin ritme komedi jadi lemas. Ingat, penonton butuh pukulan cepat, bukan pemanasan terus.
Percaya atau tidak, beberapa kata lebih lucu karena bunyinya. Kata seperti “cengegesan”, “nyusruk”, atau “klesotan” punya efek bunyi yang memperkuat punchline. Ada alasan kenapa komedian suka banget pakai kata-kata berakhiran -an, atau bunyi yang keras dan berirama. Kata-kata ini punya efek sonik yang memancing tawa. Misalnya, “temen gue jatuh, bukan jatuh biasa, tapi nyusruk sambil ngumpet di bawah sepatu sendiri.” Dibandingkan “dia terjatuh dan malu,” versi pertama lebih absurd dan suaranya lucu. Kadang, suara kata itu sendiri bisa bikin ketawa, apalagi kalau konteksnya pas.
Kesimpulan
Struktur set-up dan punchline memang penting. Tapi seperti arsitektur dan furnitur, struktur itu butuh isian yang kuat agar rumahnya terasa “hidup.” Dalam stand-up comedy, kata adalah segalanya. Satu kata bisa membuat punchline meledak, atau justru gagal total.
Mengutip cuitan dari Pandji Pragiwaksono :
Jadi, saat menulis materi, jangan hanya tanya: “Set-up dan punchline-nya udah ada belum?” Tapi juga: “Udah milih kata-kata yang paling efektif belum?”
Karena di dunia komedi, terkadang satu kata yang tepat bisa lebih lucu daripada satu paragraf yang panjang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar